Seren Taun Kampung Adat Ciptagelar


Mendengar istilah Seren Taun bagi urang sunda sudah bukan kalimat yang aneh lagi, kalau di tanya tahu pasti akan tahu tetapi bila di kaji lebih lagi apakah pernah ikut terlibat dalam kegiatannya atau sekedar menyaksikan acaranya, belum tentu semua urang Sunda pernah ikut,  karena tidak semua daerah di tatar Sunda mengadakan kegiatan Seren Tahun in.  Dikutip dari Wikipedia ada Beberapa desa adat Sunda yang rutin menggelar upacara Seren Taun tiap tahunnya yaitu Kasepuhan Banten Kidul Desa Ciptagelar Cisolok Kabupaten SukabumiDesa Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten KuninganDesa adat Sindang BarangDesa Pasir Eurih Kecamatan Taman Sari Kabupaten BogorDesa Kanekes  Kabupaten Lebak Banten dan Kampung Naga Kabupaten Tasikmalaya
Definisi dari Seren Taun itu sendiri menurut saya adalah suatu acara syukuran warga masyarakat kepada sang pencipta akan berkah hasil alam yang melimpah.
Seren Taun kalo secara etimologi berasal dari kata dalam Bahasa Sunda SEREN yang artinya serah, seserahan, atau menyerahkan, dan TAUN yang berarti tahun. Jadi Seren Tahun bermakna serah terima tahun yang lalu ke tahun yang akan datang sebagai penggantinya. Dalam konteks kehidupan tradisi masyarakat peladang Sunda, seren taun merupakan wahana untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala hasil pertanian yang dilaksanakan pada tahun ini, seraya berharap hasil pertanian mereka akan meningkat pada tahun yang akan datang. spesifiknya lagi, upacara seren taun merupakan acara penyerahan hasil bumi berupa padi yang dihasilkan dalam kurun waktu satu tahun untuk disimpan ke dalam lumbung atau dalam bahasa Sunda disebut LEUIT
Leuit di Ciptagelar sendiri ada 2 macam, yaitu leuit Indung ( Leuit Si jimat ) dan Leuit Leutik ( leuit Kecil ), kedua leuit tersebut terlebih leuit Si Jimat pada saat Upacara Seren Taun akan menjadi primadona bagi fotografer dan warga untuk bisa mengabadikan beberapa ritual yang berlangsung di leuit pada saat upacara. Jadi persiapkan saja nanti tripod sepanjang 1 meter biar kebagian momennya, heheheh..
Upacara Seren Taun diadakan setiap tahunnya di Kampung adat Ciptegalar ini, dan tahun ini adalah upacara seren taun yang ke 647. Salut dan bangga pisan, keren lah pokokna, disatu sisi ketika orang ramai mengagungkan dan bangganya dengan budaya asing, masih ada masyarakat yang mempertahankan dan melestarikan budaya Sunda. Edunn.....
Upacara Seren Taun menjadi acara puncak di kampung Adat Ciptagelar setelah rentetan acara adat yang lain, yang menarik rentetan acara Adat ini berlangsung selama kurang kebih 5 hari, dengan berbagai acara yang menurut saya langka di temui, semisal Wayang Golek, Jaipongan, kendang penca, Debus, lesehan, pameran hasil karya warga dan lainnya, tidak perlu repot-repot kalian membayangkan berapa biaya yang kira-kira habis untuk acara ini hehe. Toh ini biaya dari warga untuk warga sendiri.
Zaman era modern sekarang ini, transisi budaya lokal yang mengedepankan norma dan tatakrama khususnya budaya Sunda makin tergerus oleh budaya luar sebut saja dari barat sana. Coba saja sekarang anak-anak saat lewat depan orang tua, masih sering terdengar kalimat “Punten”, berapa banyak anak yang saat pagi akan berangkat sekolah yang masih “Cium Tangan” ke ibu dan bapaknya. Seberapa banyak anak tahu atau bahkan para orang tuanya mengenai “bahasa Sunda”. beberapa kasus diatas hanya sebagian kecil dampak negatif dari budaya asing masuk pun juga bagaimana kesadaaran kita sebagai generasi dari kebudayaan Sunda menyikapinya, tentu baik bila budaya asing di sandingkan dengan budaya lokal tanpa merubah atau memodifikasi kearifan budaya lokal itu sendiri.

Hayu kasadayana wargi nu ngaku urang Sunda, urang nyundakeun deui urang Sunda, paribasana ku babasaan sadidinten nganggo bahasa sunda nu merenah tur geunah kana manah, sinareng laku lampah nu sasuai adat tatakrama Sunda.

Babaraha hiji poto anu ka potret ti mimitian mangkat, meuting, acara, nalika mulangna, mangga kapihatur........





























































0 komentar:

Posting Komentar

 

Support

Support

Support

Support

Support

Support